Seiyu

Profesionalisme Hiroshi Kamiya sebagai Seiyuu

Switch-on 15/01/2019 13:45:00 4 Komentar
Gambar Profesionalisme Hiroshi Kamiya sebagai Seiyuu

Program televisi dokumenter “Professional Shigoto no Ryuugi” yang menampilkan kehidupan para pekerja profesional di Jepang, baru-baru ini mengupas kehidupan Hiroshi Kamiya sebagai seiyuu. Episode ini menampilkan Kamiya ketika berakting sebagai Levi di Shingeki no Kyojin, serta dalam program tokusatsu, iklan TV, hingga alih suara film asing.

Seiyuu Hiroshi Kamiya
Seiyuu Hiroshi Kamiya sebagai Levi dalam anime Shingeki no Kyojin
Seiyuu Hiroshi Kamiya alih suara film asing

Dalam episode yang tayang pada 7 Januari ini, Kamiya mengungkapkan pandangannya tentang dunia seiyuu dan bagaimana ia menjalaninya. Dalam berakting, ia berusaha untuk “menghapus” keberadaanya sendiri agar jiwanya dapat sepenuhnya masuk ke dalam karakter yang diperankannya melalui suara. Kamiya mengungkapkan dirinya sulit untuk menerima pujian tentang kemampuannya, ia menyadari cakupan suaranya tak seluas seiyuu lainnya yang bahkan bisa berbicara dengan suara yang benar-benar berbeda dengan suara biasanya.

Kamiya yang akan berusia 44 tahun pada akhir bulan ini, memulai debut sebagai seiyuu ketika berusia 19 tahun. Pada awal karirnya ia sulit mendapatkan peran, dalam sebulan ia hanya mendapat satu atau dua peran. Keadaan mulai berubah ketika booming anime tahun 90-an, saat itu permintaan pengisi suara meningkat. Namun, Kamiya mendapat masalah lain, pada hari pertama rekaman untuk peran pertamanya sebagai karakter utama, ia mengalami kecelakaan lalu lintas dan harus dirawat di rumah sakit selama sebulan. Selama waktu penyembuhan itu, ia menyadari bahwa seiyuu selalu dapat digantikan, dan jika ia ingin tetap bertahan di industri ini, ia harus terus berjuang.

Seiyuu Hiroshi Kamiya dalam studio

Kamiya mengatakan terang-terangan sulitnya menjadi seiyuu. “Kita tidak akan bisa bekerja sendiri, dan setiap hari adalah pertempuran dengan diri sendiri. Jika kita berhasil, tak ada yang memuji kita, tetapi jika gagal, kita akan mendengar itu sepanjang waktu.” Namun, lebih dari itu ia mengatakan senang berada di studio, bersama dengan seiyuu lain dan orang-orang kreatif lainnya.

Seiyuu Hiroshi Kamiya dalam studio

Dalam tayangan dokumenter ini juga mengungkapkan bahwa akhir-akhir ini Kamiya terlibat lebih dekat dalam produksi anime. Ia ikut dalam rapat naskah dan memberikan tanggapannya mengenai cerita anime itu dari sudut pandangnya sebagai seiyuu. Selama produksi Beatless, masukannya mempengaruhi naskah anime tersebut.

Kamiya merupakan salah satu seiyuu populer yang telah banyak memerankan karakter anime. Selain sebagai Levi, ia juga pemeran Trafalgar Law (One Piece), Seijuurou Akashi (Kuroko no Basket), Kusuo Saiki (Saiki Kusuo no Ψ-nan), Takahashi Natsume (Natsume Yuujinchou), Koyomi Araragi (Bakemonogatari), Yato (Noragami), Shinji Matou (Fate/stay night), dan masih banyak lagi.


 

Sumber: NHK, ANN

Hiroshi Kamiya NHK Personal Profesi

Komentar

slimesan2
20/01/2019 13:44:45
Test ngomen coy...
hana
21/01/2019 16:50:29
suara nya khas aku suka
Rahmat Pardiansyah
30/01/2019 19:03:47
Keren pas meranin Saiki Kusuo dan Akashi Seijuro
ismaelrizal
05/02/2019 05:15:13
Suaranya sangat khas.
Silahkan login dahulu untuk menulis komentar