Opini Seiyu

Ngobrolin Nao Touyama, Pengisi Suara dari Eiko Kawasegawa (Bokutachi no Remake)

Switch-on 28 September 2021 21:09:00 WIB 0 komentar

Anime Bokutachi no Remake telah selesai tayang. Salah satu yang menonjol dan patut diberi apresiasi lebih adalah pemeran dari Eiko Kawasegawa. Pada awal episode Kawasegawa diperkenalkan sebagai rival protagonis, Kyouya Hashiba. Kawasegawa merupakan salah satu heroine dan karakter penting penggerak cerita. Pemeran dari karakter ini adalah seiyu Nao Touyama.

Pertama kali penulis mengenal suara Touyama ketika dia memerankan Kanon Nakagawa di Kami nomi zo Shiru Sekai dan Yui Yuigahama di Oregairu. Keduanya tipe karakter imut dan atraktif. Setelah mendengar suara asli Touyama di salah satu aniraji (anime radio), suara asli seiyu ini memang demikian, memiliki suara tinggi, imut dan membawa suasana meriah. Jadi wajar kalau dia sering memerankan karakter-karakter ceria. Penulis pribadi pun merasa Touyama kurang cocok atau sulit memerankan tipe karakter lain, termasuk karakter Kawasegawa yang tegas dan karismatik.

Ternyata setelah itu dia banyak mendapat peran karakter yang berbeda dari kepribadian dan jenis suaranya. Mulai dari robot dengan nada suara datar, onee-san dengan suara kalem, imouto super pemalu dengan suara lirih, bahkan karakter shounen dengan suara rendah. Awalnya memang masih terdengar kurang pas karena serasa dia hanya berusaha mengubah suaranya saja. Namun, setiap kali dia diberi kesempatan memerankan karakter yang berbeda, perkembangannya terlihat jelas.

Karakter Eiko Kawasegawa membuat penulis takjub pada perkembangan kemampuan aktingnya. Touyama yang sebelumnya hanya mengubah jenis suaranya, kini bisa membawa suasana hidup pada karakternya. Apalagi Kawasegawa termasuk karakter yang sulit untuk diperankan, selain karena Kawasegawa diperkenalkan sebagai tokoh rival dari protagonis yang pasti jadi sorotan, juga karena dia adik dari Misaki Kanou yang diperankan Miyuki Sawashiro.

Di industri anime dan seiyu, Sawashiro dikenal sebagai salah satu seiyu terbaik dalam berakting. Berperan sebagai adik dari karakter yang diperankan Sawashiro bukan perkara mudah. Kalau tidak mengeluarkan kemampuan akting terbaik, akan terlihat jelas jurang pemisah antara Kawasegawa dan Misaki karena akting Sawashiro yang terlalu mengagumkan. Namun, Touyama berhasil memerankan Kawasegawa dengan baik. Pada karakter ini, Touyama tidak hanya mengubah suaranya agar pas dengan karakter, aktingnya juga berhasil membuat suasana dan aura karakter Kawasegawa ketika berbicara terlihat mirip dengan Misaki. Meskipun keduanya memiliki suara berbeda, tetapi suasana Kawasegawa yang merupakan adik dari Misaki benar-benar tersampaikan.

Tentu saja bagusnya penciptaan karakter Eiko Kawasegawa tidak semata-mata karena keberhasilan Nao Touyama dalam memerankannya, dibalik itu ada sutradara dan pengarah suara yang memberikan arahan yang tepat, juga staf lain yang ikut andil meski secara tidak langsung. Namun, kemampuan Touyama sebagai seiyu pengeksekusi akhir patut diberi apresiasi.

Bokutachi no Remake Eiko Kawasegawa Nao Touyama

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar di artikel ini.

Silahkan login dahulu untuk menulis komentar







Artikel Terbaru

Social Network